Bangun Generasi Pintar Dengan Materi Belajar Yang Lebih Interaktif

Perkembangan teknologi yang makin canggih seakan menuntut kita harus peka dan terus mau belajar terhadap perkembangan yang berasa tidak bisa dihentikan. Mungkin kita sudah merasakan terkadang kita kurang mengerti atau gagal paham dan berkesan merasa tertinggal, terus apakah anak / adik kita yang masih dibilang anak-anak ini kita biarkan menjadi generasi yang mau dibodoh-bodohi? 

 

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua/kakak untuk membekali anak/adik kita nantinya dengan bekal ilmu pengetahuan. Tapi berbicara ilmu pengetahuan, pastinya tidak jauh-jauh dengan yang namanya belajar. Kalo zaman dulu mungkin kita belajar cuma dari buku paket saja, karena internet memang belum gencar seperti sekarang. Tapi sejalan perkembangan jaman dan teknologi cara belajarpun seharusnya sudah berganti cara dengan materi/konten yang lebih fresh dan relevan. 

Cara pembelajaran yang gimana sih yang cocok di zaman sekarang ini ? 

Kewajiban kita sebagai orang tua/kakak wajib membaca ini, karena sebagian dari tulisan ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk anak/adik. Mari kita lihat langsung deretan materi belajar yang bisa diberikan untuk anak jaman sekaran biar jadi generasi pintar. 


1. Buku Akan Tetap Menjadi Jendela Ilmu


Meskipun teknologi sekarang udah canggih, buku tetap jadi materi dan media pembelajaran yang tepat selain dapetin dari sumber ataupun media lainnya. Untuk ngebangun generasi yang pintar buku tetap menjadi jendela dunia yang bakal ngebuka wawasan anak kita ataupun adik-adik kita. Makanya agan wajib mengajarkan kepada anak/adik agan agar rajin baca buku.

2. Video Bisa Jadi Sarana Pembelajaran

 

Berikutnya adalah Video, bagi generasi penerus kita yang sekarang masih pada kecil-kecil ini rasanya wajib kita akui kalau mereka suka beraktifitas dengan gadget. Salah satu cara yang bisa ditempuh agar semangat belajar mereka jadi tinggi dan mudah dicerna adalah memberikan konten pendidikan ataupun materi belajar yang dikemas dalam bentuk video. Salah satunya adalah Video mengenai materi pendidikan dari IniBudi, yaitu berupa simulasi belajar mengajar sesuai dengan bab yang dipelajari. Dengan memberikan materi belajar yang dikemas dalam video, pastinya bisa membantu buat anak/adik agan yang suka pembelajaran lewat audio atau visual, karena ternyata banyak lhoo anak-anak yang sulit mencerna pembelajarin melalui tulisan/text dan lebih cepat tersaring masuk otak kalo dalam bentuk audio/visual.


3. e-Book ataupun File PDF


Selain dari buku cetak ataupun buku dalam bentuk paket yang biasanya dalam bentuk fisik, sekarang udah canggih ! Udah banyak materi belajar yang dikemas dalam bentuk e-book alias buku elektronik yang biasanya dalam bentuk file PDF sehingga kita tidak perlu repot mencari toko buku atau mencari diperpustakaan. Saya pikir karena zamannya juga udah berubah, dan terlebih lagi anak-anak sekarang juga lebih suka beraktifitas di gadget, maka sudah sepantasnyalah kita sebagai kakak/orang tua juga bisa manfaatkan gadget tersebut untuk memotifasi belajar anak-anak. Salah satunya dengan materi belajar dalam bentuk e-book seperti Mahoni BSE yang mengadaptasi buku pelajaran dalam bentuk pdf yang gampang di akses melalui laptop sehingga mereka pun bisa mempelajarinya lewat laptop yang sering mereka pakai.


4. Materi Belajar Dikemas Berupa Game

Yang namanya game, pasti semua juga suka! Terlebih lagi anak-anak kecil itu sudah pasti suka sekali dengan yang namanya game. Bahkan merekapun akan menghabiskan berjam-jam untuk memainkan game kalo seandainya tidak disuruh lagi.



Untuk membangun generasi yang pintar tidak harus belajar dari buku saja, bahkan konten pembelajaran bisa dikemas dalam sebuah game yang nantinya bakal membuat si anak-anak ini tertarik untuk memainkan, dan secara tidak langsung mereka belajar sambil bermain dan merekapun merasa lebih fun.

5. Latihan Soal Lewat BANK SOAL




Setelah si anak-anak ini mendapatkan berbagai materi belajar lewat berbagai media seperti buku, video, ataupun dalam bentuk games. Rasanya mereka belum lengkap kalo harus di test dengan berlatih menjawab berbagai soal latihan. Nah, untuk membangun generasi pintar tidak hanya melihat dari proses belajarnya saja, si anak-anak ini juga diharapkan bisa menjawab berbagai soal ujian. 

Makanya kita sebagai orang tua/kakak juga harus ikutan mendukung dengan memberikan berbagai latihan soal yang bisa didapatkan dalam BANK SOAL. Terlebih lagi sekarang ini pemerintah udah menerapkan Ujian Nasional Secara Online, dengan rajin latihan soal di Bank Soal, tentunya bakalan membuat anak/adik kita lebih familiar dengan system Ujian Nasional ONLINE.  

Itulah beberapa kemasan berbagai materi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber sebagai pembelajaran yang bisa diberikan untuk membangun generasi pintar di masa mendatang, dan semua materi itu sebenarnya bagus dan relevan buat anak/adik kita. 

Silahkan bagikan atau tuliskan tanggapan kita pada kolom komentar ..... !!!
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment