SUKSES menghadapi ULANGAN dengan TENANG


Bagi adik-adik yang sedang menempuh UJIAN / ULANGAN sekolah, mungkin ada kehawatiran bagaimana dengan ujian yang akan di hadapi. Banyak cara yang dilakukan baik itu dengan cara pintas, nyontek, membeli soal, mendapatkan bocoran dan lain sebagainya adalah hal-hal yang sangat merugikan sekali. Hal buruk-buruk diatas sangatlah tidak baik karena menyangkut pikiran kita yang pada akhirnya akan menjadi sebuah kebiasaan di kemudian hari. 

Trus, apa hubungan hal-hal tidak baik itu dengan daya pikiran kita? Dan bagaimana cara yang baik untuk melakukan ujian atau ulangan sekolah? Berikut penjelasannya. 

Pada dasarnya, atas apa yang kita lakukan itu adalah akan terekam dalam memori pikiran kita. Sekalipun hal baik dan buruk menurut aturan dan kita sendiri terkadang kita lawan, dengan sendirinya akan menjadi memori dalam pikiran kita dan kemudian akan program selanjutnya dalam pikiran kita akhirnya menjadi kebiasaan. 


Autosugesti

Keinginan dan kemauan kita merupakan informasi yang sangat penting untuk pikiran bawah sadar kita. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar sehinga menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang begitu luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah dinamakan autosugesti.

Autosugesti dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan dilakukan secara berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Terkadang tidak kita sadari niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar. Autosugesti akan mengetuk kesadaran (heartknock) kita. Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa menjadi semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian dalam hidup kita.


Visualization

Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang kita inginkan. Adapun cara nya adalah memvisualisasikan impian/yang kita inginkan terlebih dahulu, demikianlah terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it - Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya.” 

Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah kita digunakan sebelumnya, baik dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar. 

Dari penejelasan diatas bisa kita pahami, bila kita pada awalnya serius atas apa yang kita pelajari, secara tidak sengaja sudah terekam dalam pikiran bawah sadar kita (memori permanen). Jadi mengulang itu sendiri adalah memunculkan kembali apa yang sudah pernah kita pelajari. Makanya terkadang terlihat perbedaan siapa yang rajin belajar apa tidaknya. Terlihat dari apa yang mereka munculkan sendiri dari hasil ulangan itu sendiri. Bahwa mereka rajin mengisi pikirannya. Jadi bagi mereka yang rajin belajar, mengulang dan mengulang lagi hal yang sama, tidak menjadi hal yang menghawatirkan atas apa yang akan di bagas dalam sebuah ulangan yang sudah menjadi Autosugesti dalam pikiran kita. 

Langkah lain adalah sesuai penjelasan tentang visualisasi pikiran kita adalah sebagai contoh menulis ulang pada sebuah kertas atas apa yang kita tahu dan kemudian membayangkan bahwa kita keesokan harinya duduk di meja ujian hal ini lah nanti aku tuliskan. Maka dengan sendirinya visual itu akan terbawa saat ujian nanti. Karena kekuatan bawah sadar itu sendiri sangatlah luar biasa tanpa kita sadari. 

Ingat satu hal, sebelum melakukan semua hal-hal yang kita inginkan, berusahalah mengosongkan pikiran kita terlebih dahulu dengan berserah diri kepada Tuhan Alam Semesta yang empunya kehidupan ini. Semoga apa yang kita inginkan bisa tercapai dengan baik berguna bagi diri sendiri, keluarga, sekitar kita dan terlebih kepada negara kita tercinta Indonesia Raya ini.

Salam sukses buat adik-adik yang sedang menempuh UJIAN SEKOLAH !!!
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment